Kamis, 04 Agustus 2011

Perkandangan

Dalam sistem pemeliharaan hewan, baik itu sebagai hewan ternak ataupun hewan peliharaan, tentu membutuhan kandang. berbagai macam jenis dan kandang banyak digunakan dan dimasa sekarang ini, kandang telah bertransformasi ke dalam berbagai bentuk. jika anda pikirkan kembali, Aquarium juga merupakan salah satu bentuk kandang. bagaimanapun, setiap jenis makhluk hidup dan tiap individunya, memerlukan tempat untuk dirinya secara privasi, dalam bentuk yang beragam. ini merupakan simbol dari salah satu cara bertahan hidup.
kandang yang digunakan belum tentu memenuhi syarat kandang yang dibutuhkan. setiap jenis hewan yang dipelihara memiliki kriteria kandang yang berbeda-beda. biasanya, acuan dalam membuat kandang adalah habitat alami dari hewan tersebut. karena setiap hewan memiliki naluri hidupnya masing-masing. pembahasan kali ini akan dikerucutkan hanya dalam bidang kelinci saja, supaya sesuai.
Kelinci adalah hewan yang biasanya hidup dalam lubang. lubang yang dibuat kelinci bukanlah lubang yang vertikal. adapaun kriteria lubang yang dimilikinya sama saja dengan kondisi sebuah rumah manusia yaitu, aman dan nyaman. pada kelinci, tempat tinggal alaminya adalah sebuah lubang yang berukuran sesuai dengan jenisnya. lubang ini ternyata berkaitan erat dengan laju pertumbuhannya. Sebagai contoh, anak kelinci yang baru lahir, belum memiliki bulu sama sekali, matanya masih tertutup, sehingga mengandalkan sebagian besar dari pendengarannya dan kemampuan mendeteksi gerakan.
penjelasan diatas, berguna sebagai landasan dalam pembuatan kandang kelinci. perbedaannya terletak ketika kelinci dipelihara sebagai hewan peliharaan ataupun hewan komersil. kenyamanan dan keamanan bertambah dari hanya untuk kelinci menjadi bersama sang pemeliharanya. maka dari itu, kandang kelinci sebagai sarang atau tempat hidupnya adalah seperti yang kita kenal sekarang. hingga saat ini, kandang untuk kelinci masih diklasifikan menjadi 3 type dengan ukuran yang disesuaikan.
1. kandang Battery
2. kandang Postal
3. Kandang Ranch
beberapa barang juga biasanya digunakan dalam pemeliharaan kelinci sebagai penunjang pemeliharaan dalam kandang tersebut.
1. tempat makan
2. tempat minum
3. kotak sarang(nest box)
4. alas kandang yang sesuai
5. litter untuk limbah
setelah menentukan jenis kandang dan pperlengkapan yang akan digunakan, selanjutnya adalah penempatan kandang. karena jika kandang disimpan di sembarang tempat, khawatirnya kurang aman dan nyaman. selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bergabunglah bersama saya, dan kita akan menjelajah dunia perkelincian bersama dengan saling berbagi.